Rabu, 21 September 2016

Stop Panik! Penangan Anjing yang sedang Sakit.

Halo kawan-kawan, kali ini aku ngin berbagai cerita  bagaimana pengalamanku merawat anjing sakit. Sebenarnya bukan eksperimen,  yahh... tapi belajar dari pengalaman yang menyedihkan. Hmm... jadi curhat.
Namanya anjingku ucil, umurnya baru 6 bulanan, jenisnya shitzu, nah 2 hari sebelum hari raya kuningan,si ucil sakit. Kebayang bagaimana rasanya harus konsentrasi dengan persiapan hari raya , sementara si ucil sakit. Gejalanya awalnya mencret berdarah, terus muntah-muntah, nggak mau makan. Kebayang paniknya... hari – hari itu benar-benar jadi beban pikiran. Lalu aku memutuskan untuk dibawa dr. Hewan dekat rumah.  Beliau bilang anjingku kena virus, kemungkinan belum di vaksin parvo dan kalo belum ada perubahan disuntik lagi. “aku jadi binggung udah di vaksin lengkap apa belum?, karena memang sebelumnya anjing aku  titip di rumah camer,  katanya sih udah di vaksin. Tambah binggug lagi kalau lihat kondisi si ucil yang nggak bisa makan.
Hasil gambar untuk komposisi ringer laktat infusAku bertekat dengan segala cara si ucil  harus makan dan minum. Karena muntahnya kuning, aku kasi ¼ obat maag tablet, dan pocari sweet, dengan maksud rasa mualnya berkurang, tapi malah makin parah setiap makan muntah,  dan kondisi ucil makin lemas. 


kemudian aku terpikir memberi infus  yang ringer laktat, infus diberikan 4 kali sehari dengan takaran 15 ml kandungan dari infus jenis ringer laktat ini berupa erektrolit dan konsentrasinya serupa dengan cairan ekstraseluler, jadi pas banget untuk mencegah dehidrasi dari anjing  yang tidak mau makan dan minum.

Hasil gambar untuk jarum suntik

Alat bantunya jarum suntik, tapi jarmnya harus di lepas agar nantinya saat menyemprotkan cairan infus tidak melukai mulut anjing.  Saat menyemprotkannya buka perlahan mulut anjing tuang perlahan, agar anjing tidak tersedak. Selain infus beri juga anjing larutan gula sekitar 10 ml di campur dengan primavon dan ampicilin  cukup ¼ tablet sesuai berat badan anjing, untuk anjing besar kira-kira ½ tablet saja.  Kemudian esoknya sudah bisa di beri bubur, kalo belum bisa makan sendiri,  gunakan suntikan tadi setidaknya  makanan bisa masuk ke mulut anjing.

Primavon ini obat sakit perut yang menurutku sangat ampuh dan sangat mujarab dibandikan norit.  Alhasil 2 hari mengkonsumsi obat kondisi makin membaik, dah bisa hari ini sudah bisa aku ajak  berolahraga.  Kalo sudah sembuh jangan langsung dimandikan atau grooming beri waktu sekitar 4-5 hari agar kondisi anjing benar-benar baik , bagi anjing yang berbulu lebat  untuk menghilangkan bau tubuhnya bisa menggunakan dry shampo atau bedak bayi, dan jangan lupa untuk menyisir bulu-bulunya.
Semoga informasi ini bermanfaat.



1 komentar:

  1. Hallo kak mau nanya, ini cairan infusnya di minumkan ke anjingnya ya kak?

    BalasHapus